Cara Membuat Visa Korea Selatan


Anda yang berniat untuk datang ke Korea Selatan, baik untuk liburan, sekolah, atau bekerja, perlu untuk mempersiapkan seluruh dokumen secara lengkap. Beberapa dokumen yang harus disiapkan adalah passport dan visa.

Hal ini agak sedikit ribet, karena mengurus seluruh dokumen tersebut memerlukan kiat tertentu untuk bisa cepat diproses. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah foto. Sebisa mungkin untuk menggunakan foto yang baru. Apabila tidak baru, adakalanya pengurusan akan ditolak dan Anda perlu kembali dengan foto yang baru.

Beberapa Kiat Membuat Visa Korea Selatan


Setiap langkah untuk membuat visa harus diperhatikan secara seksama. Apabila visa tidak jadi, maka liburan harus ditunda. Itulah mengapa, Anda yang sudah jauh-jauh hari membeli tiket pesawat dan penginapan perlu untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen secara serius.

1. Mengetahui Letak Tempat Mengurus Visa
Saat ini, pengurusan bisa Korea bisa Anda lakukan di Lantai 5, Mall Lotte Shopping Avenue, Jakarta di kantor Korea Visa Application Center atau disingkat KVAC. Kantor ini memiliki 12 loket untuk bisa menangani permintaan pembuatan visa dengan lebih cepat. Kantor ini mulai dibuka dari jam 09.00 – 15.00.

2. Memilih Jenis Visa
Pembuatan visa harus disesuaikan dengan keperluan Anda. Ada 4 jenis visa yang harus dipilih untuk bisa berkunjung ke Korea Selatan yaitu:

Single Visa
Single Visa cocok digunakan bagi Anda yang berniat datang untuk berlibur. Batas kunjungan ke negara gingseng ini adalah di bawah 90 hari. Biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 560.000.

Single Visa Khusus
Anda memiliki keperluan untuk sedikit menetap di Korea dengan waktu lebih dari 90 hari, maka Anda perlu memilih Single Visa Khusus. Biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki visa ini adalah Rp 840.000.

Double Visa
Salah satu visa yang dapat digunakan untuk dua kali bolak-balik masuk ke Korea Selatan adalah Double Visa. Masa berlaku dari visa ini adalah selama 6 bulan. Anda yang berniat untuk membuat visa jenis ini diharuskan untuk membayar sebesar Rp 980.000.

Multiple Visa
Anda yang berniat untuk sekolah maupun bekerja ke Korea Selatan perlu untuk membuat Multiple Visa. Anda akan dapat bolak-balik masuk ke Korea Selatan dengan menggunakan visa ini. Masa berlaku dari visa ini adalah selama 5 tahun. Biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 1.260.000.

3. Mengumpulkan Dokumen Persyaratan
Ada banyak dokumen yang harus dipersiapkan dalam pembuatan visa, seperti unduh formulir yang akan ditempeli dengan foto. Sebaiknya menggunakan foto dengan latar belakang putih. Bawa paspor asli dan fotokopi paspor. Selain itu bawa bukti KK dan surat keterangan kerja.
Anda yang mahasiswa diharuskan untuk membawa surat keterangan mahasiswa. Hal terakhir yang harus dibawa saat mengurus visa adalah fotokopi bukti keuangan.

4. Mengisi Formulir Pendaftaran
Isi formulir yang sudah diunduh. Isikan sesuai dengan instruksi yang diberikan di formulir. Isi sesuai dengan seluruh dokumen yang disertakan.

5. Melakukan Proses Pembayaran
Selesai mengisi formulir, maka Anda perlu melakukan pembayaran. Siapkan KTP asli, KK asli, paspor asli, dan bawa buku tabungan asli. Ambil nomor antrian dan tunggu untuk dipanggil. Selanjutnya hanya perlu untuk menyerahkan seluruh dokumen asli dan tanda terima untuk ambil paspor dan visa nantinya. Proses pembuatan ini melalui waktu 6 hari kerja.

6. Cek Kondisi Status Visa Melalui Online
Anda bisa cek status pembuatan visa melalui online. Ada 3 keterangan status yaitu review, approved, dan rejected. Apabila sudah memiliki status approved, maka Anda bisa melakukan pengambilan paspor dan visa.

7. Manfaat Produk Travel Insurance
Anda yang memang berniat untuk melakukan perjalanan ke Korea, maka perlu mempersiapkan travel insurance. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh, seperti jaminan kematian, tanggungan perawatan medis, pembayaran saat pembatalan penerbangan, kerusakan dan kehilangan bagasi, pemulangan jenazah dan juga perlindungan isi rumah saat ditinggalkan.

Nah itu tadi beberapa tips agar kamu dapat dengan mudah mendapatkan visa untuk pergi ke Korea Selatan. Semoga bermanfaat 