5 Penyebab Mobil Mogok Tiba-Tiba Plus Cara Mengatasinya

5 Penyebab Mobil Mogok Tiba-Tiba Plus Cara Mengatasinya

Performa kendaraan sangat penting diketahui karena berkaitan dengan kelancaran dalam berkendara. Terkadang, mobil bisa tiba-tiba mogok di tengah perjalanan. Tentunya hal tersebut menghambat aktivitas dan target yang sudah ditetapkan. Penyebab mobil mogok mendadak tentu banyak dan hal ini harus segera diatasi. Simak saja penjelasan ini.

1.    Bagian Karburator Bermasalah
Karburator adalah komponen penting mobil dan harus dirawat dengan baik agar terhindar dari kerusakan. Persoalan pada karburator bisa menyebabkan mobil mogok karena proses pembakaran tidak sempurna, sehingga ketika menghidupkan starter, mesin susah menyala. Solusinya pastikan kondisi karburator dan bawalah ke bengkel jika memang bermasalah.

2.    Bagian Switcher Starter Sudah Aus
Penyebab mogoknya mobil selanjutnya adalah switcher starter yang aus. Kondisinya yang tidak baik bisa jadi penyebab mobil mogok atau sulit di starter. Banyak orang memang menganggap remeh bagian ini. Switcher hanya digunakan ketika menyalakan atau mematikan mobil dan tidak terlalu berpengaruh saat digunakan untuk mengemudi.

Akan tetapi, persoalan pada bagian ini harus diperhatikan. Apabila switcher starter memang sudah aus, haruslah diganti agar kendaraan tetap prima dan bisa berfungsi optimal. Persoalan ausnya switcher starter yang menyebabkan tidak prima ketika digunakan untuk menyalakan atau mematikan mobil dan tentunya menghambat aktivitas.

3.    Arus Listrik Aki Lemah
Aki merupakan komponen yang sangat berpengaruh pada nyala atau tidaknya mobil Anda, yaitu menjadi pusat energi yang mampu membuat mobil hidup dalam jangka waktu tertentu. Karenanya, sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi aki. Saat mobil mogok, lakukan pengecekan ke bagian kabel yang langsung terhubung ke aki saat terjadi masalah.

Jika sudah tidak terhubung, pasti mobil tidak dapat dihidupkan kembali. Lakukanlah pengecekan terhadap intensitas air yang berada di dalam aki. Saat kondisi air mengering, segeralah lakukan pengisian sampai benar-benar cukup. Perlu juga membersihkan bagian terminalnya dengan kertas amplas ketika mengencangkan kabel yang terhubung ke aki.

4.    Arus Listrik ke Bagian Terminal Mengalami Penurunan
Persoalan semacam ini terjadi pada mobil yang sudah berumur tua. Tegangan arus listrik ke bagian koil umumnya mengalami penurunan drastis, sehingga menyebabkan tidak sempurnanya proses pembakaran atau bahkan tidak terjadi pembakaran. Hal ini disebabkan bagian pemantik api susah menerima aliran listrik secara langsung.

Jika sudah demikian, maka mesin tidak bisa menyala. Untuk memastikan kondisi ini, periksalah bagian kabel distributor dan menempelkannya pada bagian mobil disertai proses strarter. Apabila muncul percikan api, arus listrik dipastikan masih ada, namun tidak optimal. Jika sudah mengetahui kondisinya yang kurang baik, bawalah ke bengkel untuk diperbaiki.

5.    Bahan Bakar Habis
Apabila bahan bakar habis, tentu saja mobil akan mogok karena mesin tidak lagi bekerja. Perjalanan terhenti karena kehabisan BBM di tengah perjalanan tentu merugikan. Meskipun tidak menginginkannya, terkadang Anda bisa lupa untuk memeriksa stok bahan bakar mobil. Perlu diingat bahwa keseringan kehabisan bahan bakar bisa memicu kerusakan mesin.

Salah satu persoalan ini bisa Anda hindari dengan memeriksa stok bahan bakar dan mengisinya kembali apabila sudah habis atau hampir habis. Dalam mengisinya, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Apabila akan menempuh perjalanan jauh, isilah sampai penuh agar tetap mencukupi. Jika hanya menempuh jarak dekat saja, maka boleh penuh atau secukupnya.


Itulah beberapa penyebab mobil mogok secara mendadak yang harus Anda waspadai. Solusi dari setiap persoalan tersebut juga harus segera diterapkan agar mobil segera bisa dioperasikan kembali dan bisa digunakan untuk melanjutkan perjalanan. Beberapa penyebab mobil mogok tersebut bisa dihindari apabila Anda mengantisipasi sebelumnya.