5 Karakter Anak Kecil yang Wajib Dimiliki oleh Orang Dewasa

5 Karakter Anak Kecil yang Wajib Dimiliki oleh Orang Dewasa
5 Karakter Anak Kecil yang Wajib Dimiliki oleh Orang Dewasa 
Karakter anak kecil tidak selalu identik dengan cengeng. Banyak karakter polos mereka yang bisa dijadikan pelajaran bagi orang dewasa. Bahkan, sangat perlu untuk ditiru, terutama karakter positif yang bisa memberikan efek positif pula bagi lingkungannya. Di antara banyaknya karakter mereka, berikut 5 di antaranya yang wajib Anda miliki.
1. Bersifat Jujur
Bisa dikatakan, Indonesia tengah mengalami krisis berkaitan denagn karakter anak-anak yang pertama wajib dimiliki orang dewasa ini. Bagaimana tidak, Anda tentu sudah jenuh dan mulai menganggap biasa karena banyaknya kasus korupsi di negeri ini.
Jika kejujuran masih melekat dan menyatu dengan kepribadian kita dan keturunan kita, tentu kasus korupsi tidak akan bertambah. Sayangnya, sikap jujur juga bisa menjadi bumerang karena tipisnya perlindungan terhadap orang yang jujur, yaitu mereka yang menyuarakan kebenaran. Oleh karena itu, tidak heran jika menghilangnya kejujuran pada diri seseorang dipengaruhi oleh hal ini.
2. Pantang Menyerah
Jika Anda berpikir bahwa menjadi anak-anak itu lebih menyenangkan daripada menjadi orang dewasa karena mereka bebas dari masalah, maka Anda salah besar. Tanpa Anda sadari, anak-anak juga menyimpan banyak masalah yang cukup besar untuk seusia mereka. Terutama, saat ingin mencoba hal baru dalam hidup mereka.
Misalnya, bayi yang mencoba berjalan. Mereka menyimpan masalah karena begitu sulitnya proses belajar berjalan itu. Meski diawasi oleh orang tua, berkali-kali mereka mengalami jatuh bangun saat belajar berjalan. Istimewanya, tidak ada kata menyerah dalam kamus hidup mereka.
3. Tegas Mengambil Sikap
Anak-anak sangat tegas dalam mengatakan 'ya' dan 'tidak'. Artinya, mereka tidak memiliki sifat plin plan dan tegas dalam menerima dan menolak sesuatu. Misalnya ajakan Anda untuk pergi ke suatu tempat.
Beda halnya dengan orang dewasa yang memiliki kecenderungan untuk berpura-pura dan melakukan hal yang di luar prinsip hidupnya. Sangat penting bagi orang dewasa untuk meniru karakter anak-anak yang satu ini. Karena, sikap tegas sangat erat kaitannya dengan passion dan penemuan jati diri.
4. Murah Senyum
Anak-anak memang mudah menangis, tapi mereka juga identik dengan senyumannya. Meski baru saja menangis hebat dan lama, anak-anak tetap bisa tetap memberikan senyumannya saat kita memberi mereka hadiah yang disukainya. Dengan kata lain, mereka mudah move on dan tidak berlarut-larut meratapi kesedihan..
Jadi, seberat apapun masalah Anda, jangan membuat Anda meras berat pula untuk memberikan senyuman pada kawan dan orang lian yang Anda temui hari itu.  Bahkan, senyuman bisa meringankan sedikit beban masalah Anda karena hormon endorphin yang dihasilkan dari senyuman bisa membuat Anda merasa nyaman.
5. Mudah Memaafkan
Tidak mudah mendendam adalah ciri khas anak kecil. Oleh karena itu, jika anak Anda bertengkar dengan anak lain, misal namanya A, maka jangan langsung memarahi mereka. Apalagi jika menular menjadi pertengkaran antar orang tua. Kemarahan Anda pada orang tua A tentunya tidak bisa hilang dalm sehari atau dua hari.
Sedangkan anak Anda dan A sudah bermain dengan akrab lagi keesokan harinya. Tanpa dendam atau teringat dengan pertengkaran sehari sebelumnya. Oleh, karena itu, lebih baik Anda arahkan dan nasihati dengan bahasa halus daripada ikut marah.

Jadi, dengan meniru 5 karakter anak kecil itu saja, Anda tak hanya sukses dari segi materi, tapi juga dalam hidup karena berhasil meraih pribadi yang menyenangkan bagi orang lain. Tentu saja Anda pun akan lebih merasa nyaman dengan diri Anda. Karena, membuat orang lain bahagia pun bisa membawa kebahagiaan pada diri Anda.