4 Keuntungan Jangka Panjang yang Bisa Didapat dari Investasi Tanah

4 Keuntungan Jangka Panjang yang Bisa Didapat dari Investasi Tanah
4 Keuntungan Jangka Panjang yang Bisa Didapat dari Investasi Tanah
Selain rumah, kontrakan, apartemen, toko, dan ruko investasi tanah bisa mendatangkan banyak keuntungan. Bahkan, untuk orangtua Anda yang sudah memasuki masa pensiun, investasi ini bisa memberi keuntungan jangka panjang. Jika Anda penasaran, berikut 4 keuntungan yang bisa didapat dari bisnis ini.
1. Kenaikan Harga Jual Tinggi
Kenaikan harga atau capital gain tinggi untuk jenis properti inilah yang menjadikan banyak orang tertarik untuk menekuni bisnis yang satu ini. Kenaikan harga tanah tidak pernah main-main, bisa sampai 25%. Bahkan, kenaikan harga tanah pernah mencapai 200%.
Apalagi untuk lokasi strategis seperti daerah berkembang yang masih memiliki banyak infrastruktur untuk dibangun, bisa sampai 300%. Terutama saat berada pada puncak kenaikan capital gain dan lokasinya memang benar-benar sangat strategis.
2. Stabilitas Nilai Properti
Seperti halnya emas, tanah merupakan salah satu properti yang harganya cenderung naik tiap tahunnya. Jadi, tidak salah jika Anda memilih tanah untuk dijadikan lahan investasi jangka panjang. Kemudian, untuk memaksimalkan keuntungan dari bisnis ini, Anda perlu menunggu beberapa tahun sebelum menjualnya.
Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki pendapatan lain selain menunggu hasil penjualan tanah tersebut. Tapi, jika Anda benar-benar butuh uang dan masih mendapat untung, tidak masalah untuk menjualnya. Karena, Anda bisa mengumpulkan uang lagi untuk kemudian membeli tanah lainnya.
3. Biaya Perawatan Ringan
Untuk investasi rumah, ruko, kontrakan, apartemen, sampai kantor, tentunya perlu biaya perawatan yang tidak sedikit, terutama jika Anda menyewakannya. Setiap gangguan atau kerusakan instalasi dalam bangunan, Anda-lah orang pertama yang bertanggungjawab.
Jika tidak segera diperbaiki, maka bisa mengundang kerusakan lain yang lebih besar. Anda juga akan mengeluarkan bujet yang lebih besar pula untuk memperbaikinya. Tambahan lagi, penyewa pun bisa kapok dan pindah kontrakan yang lebih nyaman untuk ditempati sebagai tempat tinggal maupun usaha.
4. Berpotensi untuk Pengalihan Bisnis
Anda punya hobi bertani atau berkebun? Jika iya, maka Anda bisa menanami tanah tersebut dengan berbagai komoditas pertanian yang memiliki harga jual tinggi. Misalnya, buah naga, kelengkeng, dan buah-buahan lainnya. Berbagai sayuran dan lalapan seperti brokoli dan jengkol juga bisa Anda pertimbangkan untuk ditanam.
Bahkan, Anda bisa menjadikannya apotek hidup sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk memenuhi kebutuhan bumbu dapur mupun obat. Selain itu, dengan menggeluti bisnis alihan ini, Anda turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengatasi masalahi polusi.

Investasi Tanah memang butuh modal dan kesabaran yang besar. Tapi, hal ini berbanding lurus dengan keuntungan jangka panjang yang akan Anda peroleh. Oleh karena itu, jika memiliki uang, jangan hanya disimpan. Putarlah uang itu untuk bisnis yang akan mendatangkan banyak keuntungan untuk Anda.